Selamat Atas Pengukuhan Doktor yang ke-315 untuk Diin Fitri Ande NPM: 1706090300 yang merupakan Mahasiswa S3 Stratejik angkatan 2017 di Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI.
Promosi S3 telah dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 Pukul 14.00 – 16.30 WIB di Ruang 401-403, Lantai 4, Gedung Pascasarjana FEB UI, Kampus UI Depok.
Judul Disertasi : “Investigating The Important Factors Of Umrah Travel Agencies’ Performance”
Ketua Sidang : Arief Wibisono Lubis, Ph.D. (Ketua Sidang)
Penguji :
1. Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji)
2. Anggito Abimanyu, Ph.D.
3. Dr. Elok Savitri Pusparini
4. Riani Rachmawati, Ph.D.
5. Dr. Setyo Hari Wijanto
6. Prof. Sari Wahyuni, Ph.D. (Promotor)
7. RR. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D. (Ko-Promotor 1)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah yang belum banyak dibahas pada penelitian sebelumnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mempelajari secara empiris peran dari service leaders’ competencies (SLC) dalam biro perjalanan Umrah. Data dikumpulkan dari 150 agen perjalanan. Dimana setiap agen perjalanan diwakilkan oleh dua orang karyawan. Lisrel 8.8 dan SPSS 2.3 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa organizational service orientation (OSO), perceived service quality (PSQ), dan network capabilities (NC) sangat penting dalam meningkatkan kinerja biro perjalanan Umrah. Selain itu, SLC secara signifikan mempengaruhi OSO tetapi tidak mempengaruhi PSQ dan NC. Studi ini menemukan bahwa SLC saja tidak cukup untuk meningkatkan PSQ and NC. Hal ini dikeranakan agar bisa berdampak SLC dipengaruhi oleh beberapa factor seperti budaya atau sistem organisasi, dan followers. SLCmempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah melalui OSO. Resource Capacity (RSC) juga secara positif mempengaruhi NC dan OSO tetapi tidak mempengaruhi PSQ. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis seperti mempelajar SLC secara empiris atau literatur tentang religious tourism. Beberapa manajerial juga dijelaskan, serta Batasan dan arah penelitian ke depan.
Keywords: Kompetensi Pemimpin Jasa, Sumber-daya, Orientasi Layanan, Jejaring, Kwalitas Jasa, Travel Umrah, Kinerja


