Sambutan Ketua Program

Selamat datang di Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI.

 

Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Memberikan kontribusi pada kehidupan masyarakat, terutama dalam hal praktek  manajemen di Indonesia, melalui pengembangan ilmu Manajemen adalah essensi  eksistensi Program Pascasarjana Ilmu Manajemen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIM-FEB UI).

Pengembangan ilmu di PPIM-FEB UI sesungguhnya mencerminkan PPIM-FEB UI sebagai   penyelenggara higher atautertiary education yang berada pada graduate level (S2 dan S3). Melalui program Doktor (S3), PPIM-FEB UI berupaya secara terus menerus   untuk mendorong lahirnya berbagai original research, yaitu riset yang bertujuan menghasilkan pengetahuan baru dalam bidang manajemen. Dari original research inilah PPIM diharapkan ikut mendukung akumulasi pengetahuan manajemen dan mempengaruhi praktek manajemen di Indonesia, terutama yang terkait dengan kekhasan kondisi kultural, sosial dan ekonomi Indonesia. Sedangkan melalui program MSM atau Magister Sains Manajemen (S2), PPIM-FEB UI berupaya agar berbagai penelitian yang dilakukan membantu memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai teori manajemen dalam konteks praktik di Indonesia.

Kontribusi pada kehidupan masyarakat, di sisi yang lain, mencerminkan posisi PPIM-FEB UI yang membumi. Program Doktor (S3) PPIM-FEB UI berupaya secara terus menerus untuk menghasilkan scholars yang berkualitas, yang berdedikasi tinggi, dan yang secara berkelanjutan berusaha memberikan kontribusi terhadap masyarakat melalui pengajaran dan penelitian. Program MSM (S2), disisi lain, juga berupaya secara terus menerus untuk menghasilkan profesional specialist yang dapat bekerja dalam berbagai bidang manajemen, dari korporasi hingga organisasi nirlaba, dan menghasilkan akademisi profesional yang memiliki kemampuan meneliti yang berkualitas.

Visi Universitas Indonesia menjadi World Class University, membawa dampak fokus pengembangan ilmu yang dilakukan PPIM-FEB UI bukan hanya pada original research, tetapi menjadi original research yang dapat  dipublikasi secara internasional. Disamping hal ini, penyelenggaraan international conference dan penerbitan jurnal internasional juga menjadi agenda penting dalam kegiatan pengembangan PPIM-FEB UI. Dalam kurun waktu 2006 -2008, PPIM-FEB UI telah menyelenggarakan 3 kali international conference of Business and Management Research secara berturut-turut (2006-2008); dan menerbitkan 3 jurnal internasional secara rutin, yaitu: South East Asian Management Journal, Indonesia Capital Market Review dan ASEAN Marketing Journalyang kesemuanya memiliki board of editors dari berbagai universitas terkemuka di Asia, Australia dan dunia.

Pada tahun 2009, penyelenggaraan international conference of Business and Management Research dan penerbitan ke 3 jurnal internasional ini dipindahkan dari PPIM-FEB UI ke Departemen Manajemen FEB UI sebagai bagian strategi penguatan kelembagaan di FEB UI. Walaupun demikian, keterlibatan para pengajar dan mahasiswa S3 PPIM-FEB UI dalam aktivitas-aktivitas diatas tidaklah berkurang. Pemindahan pelaksanaan ini bahkan membuat pada pengajar dan mahasiswa PPIM-FEB UI dapat lebih berfokus pada content dari aktifitas-aktifitas akademik diatas.

Disamping konferensi internasional dan publikasi jurnal, pada tahun 2008 PPIM-FEB UI telah melangkah lebih jauh dengan kerjasama internasional dengan University of Adelaide, Australia. Kerjasama ini menghasilkan program Dual Degree dalm bidang Keuangan (Applied Finance) untuk lulusan PPIM-FEB UI yang mengikuti program ini. Kerjasama dengan University of Adelaide ini kemudian diperluas pada tahun 2010 dengan program Dual Degreedalm bidang Pemasaran. Lulusan dari program Dual Degree ini akan mendapatkan dua gelar, yaitu MSM dan Master of Commerce. Dalam hal kerjasama internasional ini PPIM-FEB UI berupaya lebih fokus pada membangun relationship yang dalam dengan partner university dari luar negeri dan bukan pada jumlah universitas yang menjadi mitra.

Akhirnya, PPIM-FEB UI menawarkan peluang bagi siapapun yang ingin mendalami ilmu manajemen secara spesifik melalui 4 konsentrasi yang ditawarkan, yaitu: Keuangan, Perbankan, Pemasaran dan Manajemen Strategik. Program Doktor pada dasarnya mempersiapkan lulusan PPIM-FEB UI untuk menjadi seorang scholar dalam arti yang sesungguhnya, yaitu seseorang yang terus ingin belajar, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, baik melalui penelitian maupun membaca. Sedangkan program MSM mempersiapkan lulusan PPIM-FEB UI untuk menjadi seorang profesional specialist, baik di dunia korporasi maupun di dunia akademisi.

Dr. Irwan Adi Ekaputra
Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maintenance By : Nurus Shofa | Support By : Indra Febria Widy