PROMOSI JEAN RICHARD JOKHU

beritaComments Off on PROMOSI JEAN RICHARD JOKHU

Senin, 13 Januari 2020

14.00 s/d 17.00 WIB

Auditorium FEB UI

Gedung Pascasarjana lt.4 (Auditorium Pascasarjana)

Kampus UI Depok

Jean Richard Jokhu

Manajemen Stratejik (1506776963)

Lulusan ke 281 dari PPIM

Judul Disertasi:

“Faktor – Faktor yang mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Stratejik Secara Heuristik Terhadap project Output (Studi Empirik Pada UKM Konstruksi di Papua)”

 

Ketua Sidang:

Prof. Susiyati B. Hirawan, Ph.D.

 

Pembimbing

  1. Rofikoh Rokhim, Ph.D. (Promotor)
  2. Riani Rachmawati, Ph.D. (Ko-Promotor 1)
  3. Dr. Mohammad Hamsal (Ko-Promotor 2)

 

Penguji:

  1. Prof. Firmanzah, Ph. D. (Ketua Penguji)
  2. Dr. Anton Wachidin Widjaja
  3. Sari Wahyuni, Ph.D.
  4. Dr. Setyo Hari Wijanto
  5. Dr. T. Ezni Balqiah

 

Nama               : Jean Richard Jokhu

Program Studi : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi : Faktor – Faktor yang mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Stratejik Secara Heuristik Terhadap project Output (Studi Empirik Pada UKM Konstruksi di Papua)

 

ABSTRAK

Proses pengambilan keputusan stratejik dalam sebuah perusahaan merupakan tahap paling krusial dalam keberlangsungan perusahaan. Faktor eksternal dan internal menjadi elemen yang perlu di antisipasi dalam keputusan yang dibentuk dari proses ini. Perubahan aturan dari pemerintah, industri, sumber daya perusahaan, bahkan masyarakat lokal menjadi hal yang relevan untuk di pertimbangkan dalam mengambil sebuah keputusan stratejik yang di proses secara heuristic sehingga berpengaruh terhadap project output. Saat ini penielitian akan proses pengambilan keputusan stratejik masih di dominasi oleh perusahaan – Perusahaan besar. Walaupun beberapa penelitian mampu menangkap proses dalam perusahaan kecil dan menengah konteks negara maju masih dominan dalam perkembangan teori proses pengambilan keputusan stratejik namun beroengaruh factor eksternal masih terbatas pada konteks industri. Seikitnya penelitian akan konteks sosial, dan pemerintah sebagai alasan untuk lebih lanjut menelaah akan pengaruh keduanya terhadap pengambilan keputusan stratejik secara heuristic.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sumber daya perusahaan, dan karakteristik pemerintah mempengaruhi proses pengambilan keputusan stratejik secara heuristik. Selain itu, seluruh faktor kecuali masyarakat lokal memiliki pengaruh signifikan terhadap project output. Peran herusitik memberukan kebaharuan dalam teori proses pengambilan keputusan stratejik. Karakteristik pemerintah, dan sumber daya perusahaan berpengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan stratejik secara heuristi. Sedangkan lingkungan dan masyarakat lokal memperoleh hubungan tidak signifikan dengan proses pengambilan keputusan statejik secara heuristic. Selanjutnya, yang terpenting dalam penelitian ini adalah proses pengambilan keputusan secara heuristik ditemukan memengaruhi project outcome secara signifikan. Di sisi lain, penelitian ini menemukan bahwa karakteristik pemerintah dan sumber daya perusahaan berhubungan negatif dengan project output perusahaan konstuksi

 

Kata – kata kunci  :         Sumber daya Perusahaan, Karakteristik Pemerintah, Karakteristik Masyarakat  Lokal, Karakteristik Industri, Proses Pengambilan Keputusan Stratejik, Heuristic Prosess, Project Outcome

 

Comments are closed.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia