PROMOSI DOKTOR TETTY RIMENDA TARIGAN

beritaKomentar Dinonaktifkan pada PROMOSI DOKTOR TETTY RIMENDA TARIGAN

Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen

Waktu dan Tempat:

Selasa, 18 Juli 2017

09.00 s/d 12.00 WIB

Auditorium Pascasarjana FEB UI

Gedung Pascasrajana Lantai.4

Kampus UI Depok

Tetty Rimenda Tarigan

Manajemen Pemasaran (1006782772)

Lulusan ke 238 dari PPIM

Judul Disertasi:

“Pengaruh Kongruensi Usia Kognitif Terhadap Sikap Terhadap Produk; Suatu Studi Menggunakan Usia Kognitif Tua Pada Anak Usia Tween”

Ketua Sidang:

Prof. Robert Simanjuntak

Pembimbing

  1. Prof. Dr. Sofjan Assauri (Promotor)
  2. Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ko-Promotor 1)

Penguji:

  1. Sari Wahyuni, Ph.D. (Ketua Penguji)
  2. Harryadin Mahardika, Ph.D.
  3. Dr. M. Gunawan Alif
  4. Dr. Maslina W. Hutasuhut
  5. Dr. Nurdin Sobari
  6. Dr. Rizal E. Halim

 

ABSTRAK

Nama                 : Tetty Rimenda Tarigan

Program Studi   : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi   : Pengaruh Kongruensi Usia Kognitif Terhadap Sikap Terhadap Produk; Suatu Studi Menggunakan Usia Kognitif Tua Pada Anak Usia Tween

 

ABSTRAK

Tujuan Utama dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah anak usia tween sudah dapat dipersuasi dengan iklan ynag meggunakan konsep usia kognitif, Usia kognitif adalah persepsi seorang terhadap usianya yang lebih muda atau lebih tua dari usia kelahirannya. Usia kognitif diukur dengan melakukan kongruensi dengan usia model iklan. Penelitian diawali dengan menguji apakah anak usia tween sudah memiliki persepsi usia kognitif. Karena secara biologis, psikologis dan sosiologis anak laki-laki dan perempuan berbeda maka pengujian dilanjutkan berdasarkan  jenis kelamin partisipan. Penggunaan anak usia tween merupakan keistimewaan penelitian ini, karena menururt Cognititve Development Theory (Piaget, 1970) anak usia tween belum mampu memahami konsep usia kognitif, karena perkembangan kognitifnya baru pada tahap concrete pperational, sedangkan menurut Consumer Sozialization Theory (Roedder Jhon 1999), anak usia tween sudah mampu memahami konsep usia kogntiif. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, partisipan berjumlah 210 anak terdiri dari 115 orang laki-laki dan 95 orang perempuan berusia tween (10-12 tahun) berasal dari SD Pemuda Bangsa Depok. Study 1 membuktikan bahwa anak usia tween sudah memiliki persepsi tentang usia kognitif, dimana persepsi itu lebih besar pada anak perempuan dibandignkan anak lelaki. Pengujia terhadap anak laki-laki membuktikan bahwa kongurensi dan usia model memberi pengaruh kepada Persepsi Produk Untuk Saya, Persepsi Evaluasi Produk dan Persepsi Referensi. Dan akhirnya kepada Sikap Terhadap Produk. Sebaliknya pengujian terhadap anak perempuan menemukan bahwa kongruensi memberi pengaruh kepada Persepsi Produk Untuk Saya, Persepsi Evaluasi Produk dan Persepsi Referensi, tetapi usia model tidak memberi pengaruh. Hasil penelitian ini berguna untuk orangtua, pendidik, dan pengambil keputusan dalam membuat iklan untuk anak.

Kata Kunci : kongruensi, konsep diri, sikap terhadap merek, usia kognitif.

Comments are closed.

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maintenance By : Nurus Shofa | Support By : Indra Febria Widy