PROMOSI DOKTOR JANFRY SIHITE

beritaKomentar Dinonaktifkan pada PROMOSI DOKTOR JANFRY SIHITE

Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen

Waktu dan Tempat:

Jumat, 10 Juli  2017

09.00 s/d 12.00 WIB

Auditorium FEB UI

Gedung Pascasrajana Lantai.4

Kampus UI Depok

Janfry Sihite

Manajemen Pemasaran (1106126226)

Lulusan ke 231dari PPIM

Judul Disertasi:

‘’Pengaruh Janji Merek, Reputasi Merek dan Kampanye Permanen terhadap Keyakinan Keputusan serta Intensi Mendukung Partai Politik”

Ketua Sidang:

Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D.

Pembimbing

  1. Prof. Dr. Sofjan Assauri (Promotor)
  2. Dr. Rizal E. Halim (Ko-Promotor 1)

Penguji:

  1. Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji)
  2. Harryadin Mahardika, Ph.D.
  3. Dr. Ignatius Heruwasto
  4. Dr. Pantri Heriyati 
  5. Dr, Tengku Ezni Balqiah 

ABSTRAK

Nama                 : Janfry Sihite

Program Studi   : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi   : Pengaruh Janji Merek, Reputasi Merek dan Kampanye Permanen terhadap Keyakinan Keputusan serta Intensi Mendukung Partai Politik

ABSTRAK

Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran. Pertukaran terjadi tidak hanya di pemasaran komersial tetapi juga di pemasaran politik, seperti pertukaran didalam pemilihan umum dan pertukaran didalam pemerintahan. Penelitian pemasaran politik umumnya fokus pada pertukaran didalam pemilihan umum, oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengintegrasikan pertukaran didalam pemilihan umum dan pertukaran didalam pemerintahan, yang bersama-sama merupakan bagian kampanye permanen. Pertukaran didalam pemilihan umum terjadi ketika partai politik menyampaikan janji partai politik kepada pemilih, pertukaran didalam pemerintahan terjadi ketika partai politik merealisasikan janjinya. Model ini mengajukan proposisi bahwa realisasi janji partai politik memengaruhi reputasi partai politik serta memengaruhi kampanye permanen, dan akhirnya memengaruhi keyakinan keputusan pemilih untuk mendukung partai politik.

Indikator janji merek partai politik dikembangkan dari exploratory factor analysis tweets untuk account Twitter partai politik  Indonesia. Tweets diekstrak dari periode kampanye pemilihan umum 2014, yang selanjtunya dianalisis menggunakan perangkat lunak Provalis QDA Miner. Indikator untuk reputasi merek, kampanye permanen, keyakinan  keputusan dan intensi untuk mendukung partai politik diadaptasi dari indikator pemasaran politik dan pemasaran komersial. Kuesioner dibangun dan disampaikan kepada mahasiswa di tiga universitas Jakarta, dengan total 150 partisipan, selanjutnya analysis partial least square dengan 10.000 sample bootstarp dilakukan. Temuan menunjukkan bahwa variable kampanye permanen memiliki pengaruh yang signifikan pada variable intensi untuk mendukung partai politik, selain itu satu hipotesa yaitu hubungan antara reputasi merek dan keyakinan keputusan tidak signifikan.

Kontribusi teoritis penelitian ini adalah perluasan hasil empiris teori pertukaran social didalam pasar pemerintahan, melampaui penelitian yang selama ini hanya dilakukan didalam pasar pemilihan umum. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya kampanye permanen dalam meningkatkan stabilitas intensi untuk mendukung partai politik.

Kata Kunci: janji merek, reputasi merek, kampanye permanen, keyakinan keputusan, intensi untuk mendukung

Comments are closed.

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maintenance By : Nurus Shofa | Support By : Indra Febria Widy