PROMOSI DOKTOR ILISA FAJRIYATI

beritaKomentar Dinonaktifkan pada PROMOSI DOKTOR ILISA FAJRIYATI

Optional : Indonesia

Rabu, 5 Agustus 2020

14.30 s/d 17.00 WIB

Sidang Promosi Doktor dilaksanakan secara daring

Ilisa Fajriyati

Manajemen Pemasaran (1506771110)

Lulusan ke 285 dari PPIM

Judul Disertasi:

“Pengaruh Generic dan Islamic Attributes terhadap Kepuasan Wisatawan serta Konsekuensinya pada Pariwisata Ramah Muslim:     Penerapan Three-Factor Theory of Customer Satisfaction

 

Ketua Sidang:

Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra

 

Pembimbing

  1. Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor)
  2. Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1)
  3. Sri Rahayu Hijrah Hati (Ko-Promotor 2)

 

Penguji:

  1. Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji)
  2. Dr. Asnan Furinto
  3. Dr. Ignatius Heruwasto
  4. Dr. Rizal Edy Halim
  5. Dr. T. Ezni Balqiah

 

Nama               : Ilisa Fajriyati

Program Studi : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi : Pengaruh Generic dan Islamic Attributes terhadap Kepuasan Wisatawan serta Konsekuensinya pada Pariwisata Ramah Muslim:     Penerapan Three-Factor Theory of Customer Satisfaction 

 

ABSTRAK

Agar dapat menyediakan pariwisata ramah-Muslim serta menarik wisatawan Muslim sebagai target utama, pemasar destinasi tidak hanya harus mempertimbangkan atribut umum (generik) yang tersedia pada destinasi, namun mereka juga harus memastikan ketersediaan atribut yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim, yaitu atribut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan atribut generik dan Islam kedalam basic, performance dan excitement factors sesuai dengan three-factor theory of customer satisfaction yang disebutkan dapat memiliki dampak yang berbeda terhadap kepuasan wisatawan. Selanjutnya, penelitian ini menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan wisatawan dan konsekuensinya pada behavioral dan attitudinal loyalty serta konsekuensi negatif pada complaint dan churn intention. Selain itu, pengujian juga dilakukan terhadap pengaruh moderasi religiusitas Islam pada hubungan antara atribut Islam dan kepuasan wisatawan. Survei dilakukan dengan total sampel 835 wisatawan Muslim yang mengunjungi destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim terletak pada anteseden pembentuk kepuasan (dalam penelitian ini atribut-atribut destinasi yang terdiri dari atribut generik dan atribut Islam). Sementara konsekuensi dari kepuasan tersebut ditemukan sama dikedua jenis destinasi. Untuk destinasi mayoritas non-Muslim, semua atribut generik ditemukan berpengaruh pada kepuasan wisatawan, dilain sisi untuk atribut Islam, hanya klasifikasi dari excitement factor yang secara signifikan mempengaruhi kepuasan mereka. Sedangkan untuk destinasi mayoritas Muslim, dari atribut generik ditemukan performance dan excitement factor serta basic factor dari atribut Islam yang berpengaruh pada kepuasan wisatawan. Konsekuensi kepuasan wisatawan pada kedua destinasi ditemukan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada behavioral dan attitudinal loyalty serta secara negatif mempengaruhi complaint dan churn intention. Hasil penelitian juga menemukan bahwa efek moderasi dari religiusitas tidak signifikan di kedua jenis destinasi.

 

Kata kunci:

Atribut generik, Atribut Islam, Kepuasan wisatawan, Behavioral loyalty, Attitudinal loyalty, Complaint intention, Churn intention, Religiusitas, Pariwisata ramah Muslim, Destinasi mayoritas non-Muslim, Destinasi mayoritas Muslim, Three-factor theory of customer satisfaction.

 

 

 

Comments are closed.