PROMOSI DOKTOR HARRY PATRIA

beritaComments Off on PROMOSI DOKTOR HARRY PATRIA

Rabu, 15 Januari 2020

09.00 s/d 12.00 WIB

Auditorium FEB UI

Gedung Pascasarjana lt.4 (Auditorium Pascasarjana)

Kampus UI Depok

Harry Patria

Manajemen Stratejik (1606940061)

Lulusan ke 283 dari PPIM

Judul Disertasi:

Determinant Factors Affecting Succesful Project Initiation Empirical Evidences in Indonesia Oil Downstream Sector

 

Ketua Sidang:

Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D.

 

Pembimbing

  1. Sari Wahyuni, Ph.D. (Promotor)
  2. RR. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D. (Ko-Promotor 1)

 

Penguji:

  1. Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji)
  2. Budi W Soetjipto, DBA
  3. Dr. Manerep Pasaribu
  4. Riani Rachamwati, Ph.D.
  5. Vid Adrison, Ph.D.

 

 

Nama               : Harry Patria

Program Studi : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi : Determinant Factors Affecting Succesful Project Initiation Empirical Evidences in Indonesia Oil Downstream Sector

 

ABSTRAK

Inisiatif proyek dapat diinisiasi oleh manajemen (pendekatan top-down) and tim proyek (pendekatan bottom-up). Manajemen umumnya menggunakan pendekatan pertama, yang cenderung melalui proses politik dengan melibatkan power, interests, and authority. Di sisi lain, pendekatan kedua cenderung lebih dinamik dalam situasi adanya kepentingan antara manajemen and tim proyek. Pengambilan keputusan efektif pada awal proyek menjadi lebih menantang. Studi ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap studi sebelumnya dengan eksplorasi pengaruh dan manajemen dan tim proyek terhadap proses pengambilan keputusan oleh pimpinan proyek-apakah prosesnya cenderung menggunakan pendekatan rasional, intuitif atau politik.

Kuesioner disusun dengan memilih pimpinan proyek (PIC) yang bertanggung jawab atas perencanaan proyek atau bisnis. Data digunakan untuk menguji hipotesis dalam model penelitian dibangun dengan menggunakan alat model persamaan struktular (SEM) dengan SPSS dan AMOS. Bersamaan dengan kuesioner, wawancara dengan beberapa responden terpilih juga dilakukan.

Temuan studi mengungkapkan perbedaan jalur dalam mencapai keberhasilan inisiasi proyek. Manajemen menggunakan proses pengambilan keputusan dengan rasionalitas procedural dan intuisi. Di lain pihak, tim proyek menggunakan proses penggambilan keputusan rasionalitas proseural dan politik konstruktif. Ternyata manajemen dan tim proyek menggunakan rasionalitas prosedural. Dari jalur yang disnigfikan tersebut, hasil studi menunujan lintasan kritis dalam mencapai intiasi proyek yang berhasil dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan penggunakan pengambilan keputusan berdasarkan politik konstruktif.

Dengan demikian, terdapat paradoks dari partisipasi karena proyek bottom-up ditentukan oleh kedua pihak yaitu  aspirasi tim proyek dan ekspektasi manajemen. Sehingga,organisasi seharusnya mendorong keberagaman tim proyek yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan secara politik melalui negoisasi yang diambil oleh pimpinan proyek. Daari tripologi riset ini, keputusan efektif dapat diraih dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan pengambilan keputusan politik konstruktif. Dengan pemahaman jalur krisis untuk mencapai keputusan optimal, organisasi dan pimpinan proyek dapat meningkatkan keberhasilan inisiasi proyek. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat berkontribusi terhadap realisasi investasi di sektor migas Indonesia.

 

Kata Kunci :pengambilan keputusan, inisiasi proyek, rasionalitas porsedural, intuisi, politik konstruktif, keberhasilan inisiasi proyek.

 

Comments are closed.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia