PROMOSI DOKTOR DIANANDA FITRIA PITARI

beritaComments Off on PROMOSI DOKTOR DIANANDA FITRIA PITARI

Selasa, 14 Januari 2020

09.00 s/d 12.00 WIB

Auditorium FEB UI

Gedung Pascasarjana lt.4 (Auditorium Pascasarjana)

Kampus UI Depok

Diananda Fitria Pitari

Manajemen Pemasaran (1406590740)

Lulusan ke 282 dari PPIM

Judul Disertasi:

Integrasi Intensi dan Resistensi dalam Adopsi Inovasi NFC Based Mobile Payment

 

Ketua Sidang:

Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D.

 

Pembimbing

  1. Prof. Dr. Sofjan Assauri (Promotor)
  2. Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1)
  3. Dr. Asnan Furinto (Ko-Promotor 2)

 

Penguji:

  1. Sari Wahyuni, Ph.D. (Ketua Penguji)
  2. Arnold Japutra, Ph.D.
  3. Daniel Tumpal Hamonangan Aruan, Ph.D.
  4. Dr. Rizal Edi Halim
  5. Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

 

Nama               : Diananda Fitria Pitari

Program Studi : Pascasarjana Ilmu Manajemen

Judul Disertasi : Integrasi Intensi dan Resistensi dalam Adopsi Inovasi NFC Based Mobile Payment

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruhintensi dan resistensi mengadopsi inovasi terhadap perilaku odopsi inovasi, dimana pada penelitian-penelitian sebelumnya, intensi dan risestensi mengadopsi inovasi cenderung diteliti secara terpisah padahal keduanya merupakan bentuk reaksi konsumen terhadap hadirnya inovasi.Mengintegrasikan keduanya mampu memberikan analisa yang komperhensif dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat agar inovasi dapat diadopsi oleh konsumen. Disisi resis tensi mengadopsi inovasi , penelitian initidak hanya meneliti mengenai risestensi yang disebabkan oleh hasil evaluasi terhadap atribut inovasi (active innovation resistance), melainkan juga meneliti mengenai resistensi yang disebabkan kecenderungan seseorang untuk tidak au berybah dna mempertahankan status quo- nya. Pengaruh karakteristik konsumen dan network exterenality terhadap perilaku adopsi inovasi juga diteliti dalam penelitian ini guna mendapatkan analisa yang lebih komperhensif. Penelitian ini melibatkan data dari 300 responden yang dipilih secara non probabilistic sampling dengan metode purposive sampling, bedasarkan kareteria target pasar NFC-based mobile payment sebagaiana konteks dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pengelolahan data yang dilakukan menggunakan Structural Equation  Model, penelitian ini mendukung bahwa intensi dan resistensi mengadopsi inovasi memiliki peran yang bersamaan terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana intesi mempengaruhi adopsi inovasi secara positif, sebaiknya resistensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara negative. Tidak hanya active innovation resistance, passive innovation resistance pun memiliki peran terhadap perilaku adopsi inovasi. Sebagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi, penelitian ini mengusulkan berbagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi, penelitian ini mengusulkan berbagai upaya untuk meningkatkan intensi mengadopsi inovasi, menekan resistensi mengadopsi inovasi, meningkatkan persepsi network externality dan membedakan upaya tersebut berdasarkan karakteristik konsumen.

 

 

Kata Kunci :

Intensi Mengadopsi Inovasi, Resistensi Mengadopsi Inovasi, Adopsi Inovasi Active Innovation Resistance, Passive Innovation Resistance, Network Externality, Karakteristik konsumen, NFC-based mobile payment.

 

Comments are closed.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia